Membuat
Program Sederhana Pascal dengan Menu String
©Logika Program©
© String merupakan
type data yang menerima inputan berupa kumpulan karakter. Tak
jarang pula string dikatakan sebagai array of character.
© Program di atas
adalah sebuah program data seorang mahasiswa, langsung tulis saja di programnya.
© Kalau sudah ditulis
semua, silakan compile program tersebut untuk melihat hasilnya.
© Cara meng-compile nya
adalah klik Run. Cara yang lebih
mudah yaitu hanya dengan menekan tombol Ctrl + F9.
Bagaimana,
hasilnya sudah kelihatan kan ??
Nah,
sekarang cermati penjelasannya :
© Uses Crt merupakan
salah satu unit di pascal. Unit yang satu ini harus digunakan jika ingin
menggunakan perintah clrscr (perintah untuk membersihkan layar) dan readkey
(perintah untuk membaca masukan user).
© Var merupakan bagian
pendeklarasian variabel yang di dalamnya memuat tipe-tipe data, seperti string,
integer, byte, word, char, dll. Mengenai tipe-tipe data akan dibahas di artikel
selanjutnya.
© Begin untuk memulai
program
© clrscr untuk
membersihkan layar .
© Setiap listing
program utama harus diawali dengan huruf
begin dan diakhiri dengan end. . Ingat, pada kata end. dibelakangnya harus diikuti dengan
tanda (.) titik.
© Write adalah perintah
untuk mencetak / menulis. Tapi selain write, ada juga perintah writeln. Bedanya,
kalau write setelah mencetak kursornya tetap disamping, sedangkan kalau writeln
kursornya ke bawah. Untuk contohnya dapat dicermati dari listing program tadi.
© Read dan readln
digunakan untuk membaca input yang dimasukkan user. Perbedaan antara keduanya
sama dengan write dan writeln.
© Readkey fungsinya
sama dengan readln yaitu untuk membaca program
yang karakternya pada kursor berada dibawah.
© Jangan lupa untuk
menuliskan tanda (;) titik koma di setiap akhir baris program.
© End. Untuk mengakhiri
program.
©Listing Program©
©Output Program©
Membuat
Program Sederhana C++ dengan Menu String
©Logika
Program©
© Program ini adalah sebuah program
data nilai UTS dan nilai UAS seorang mahasiswa,
langsung tulis saja di programnya.
© Kalau sudah ditulis
semua, silakan compile program tersebut untuk melihat hasilnya.
© Cara meng-compile nya
adalah klik Run. Cara yang lebih
mudah yaitu hanya dengan menekan tombol Ctrl + F9.
Bagaimana,
hasilnya sudah kelihatan kan ??
Nah,
sekarang cermati penjelasannya :
© #include
adalah salah satu pengarah praprosesor
yang tersedia pada C++. File-file yang berakhiran dengan .h disebut file header, yaitu file-file yang berisi
berbagai deklarasi, seperti fungsi, variabel dan sebagainya
© #include<stdio.h> adalah salah satu file header yang salah satu
fungsinya untuk membaca perintah printf dan scanf.
© #include<conio.h> adalah salah satu file
header yang salah satu fungsinya untuk menahan tampilan layar sebelum
dilanjutkan (press any key to continue…..), fungsinya tersebut adalah getch();
disimpan di bagian yang sekiranya akan kita tahan tampilannya agar pada saat
menjalankan (run) project yang kita buat dapat keluar secara otomatis.
© #include<iostream.h> merupakan library dari bahasa C++ dengan
kegunaan untuk memasukkan fungsi clrscr, getch, dll. Perlu
disertakan pada program yang melibatkan obyek cout. Tanpa kehadiran baris
tersebut akan terjadi kesalahan sewaktu program dikompilasi.
© main() adalah fungsi yang pertama kali dieksekusikan oleh C++ dan tanda ()
menyatakan bahwa fungsi main tidak memiliki argument. Jika main tidak digunakan
maka program tidak akan jalan.
© { Ini merupakan tubuh fungsi main.
© Char nim[8]; tipe data yang digunakan adalah nim dengan panjang karakter maksimalnya
adalah 8
© Char nama[88]; tipe data yang digunakan adalah nama dengan
panjang karakter maksimalnya adalah 100
© clrscr (); digunakan
untuk membersihkan layar
pada saat program dijalankan.
© Cout berfungsi untuk menampilkan suatu karakter ke layar monitor,
dengan cara menuliskan “cout” diikuti dengan tanda “<<” dan kemudian
kumpulan karakter yang akan ditampilkan, diapit dengan tanda petik ganda (“).
© cout<<endl; cout merupakan sebuah obyek didalam didalam
C++. Obyek ini disediakan oleh C++ untuk mengarahkan data ke standard output (normalnya adalah
layar). Tanda “<<” merupakan sebuah operator yang disebut operator
penyisipan atau peletakan. Operator ini akan mengarahkan operand (data) yang
terletak di sebelah kanannya ke obyek yang terletak di sebelah kiri. Endl akan
memindahkan kursor ke baris di bawahnya.
© cin merupakan sebuah objeck
didalam C++ digunakan untuk memasukkan
suatu data dapat berupa teks ataupun angka. Untuk menggunakan fungsi cin ini,
harus menyertakan file header iostream.h.
© getch(); digunakan untuk
mengeksekusi blok instruksi dan statement yang telah ditetapkan sebelumnya.
Biasanya di akhiri dengan tanda }
©Listing
Program©
©Output Program
1©
©Output Program
2©
Tidak ada komentar:
Posting Komentar