Minggu, 16 Desember 2012

LA 11


Membuat Program Sederhana Pascal dengan Menu String

©Logika Program©
©  String merupakan type data yang menerima inputan berupa kumpulan karakter. Tak jarang pula string dikatakan sebagai array of character.
©  Program di atas adalah sebuah program data seorang mahasiswa, langsung tulis saja di programnya.
©  Kalau sudah ditulis semua, silakan compile  program tersebut untuk melihat hasilnya.
©  Cara meng-compile nya adalah klik Run. Cara yang lebih mudah yaitu hanya dengan menekan tombol Ctrl + F9.
Bagaimana, hasilnya sudah kelihatan kan  ??
Nah, sekarang cermati penjelasannya :
©  Uses Crt merupakan salah satu unit di pascal. Unit yang satu ini harus digunakan jika ingin menggunakan perintah clrscr (perintah untuk membersihkan layar) dan readkey (perintah untuk membaca masukan user).
©  Var merupakan bagian pendeklarasian variabel yang di dalamnya memuat tipe-tipe data, seperti string, integer, byte, word, char, dll. Mengenai tipe-tipe data akan dibahas di artikel selanjutnya.
©  Begin untuk memulai program
©  clrscr untuk membersihkan layar .
©  Setiap listing program utama harus diawali dengan huruf begin dan  diakhiri dengan end. . Ingat, pada kata end. dibelakangnya harus diikuti dengan tanda (.) titik.
©  Write adalah perintah untuk mencetak / menulis. Tapi selain write, ada juga perintah writeln. Bedanya, kalau write setelah mencetak kursornya tetap disamping, sedangkan kalau writeln kursornya ke bawah. Untuk contohnya dapat dicermati dari listing program tadi.
©  Read dan readln digunakan untuk membaca input yang dimasukkan user. Perbedaan antara keduanya sama dengan write dan writeln.
©  Readkey fungsinya sama dengan readln yaitu untuk membaca program  yang karakternya pada kursor berada dibawah.
©  Jangan lupa untuk menuliskan tanda (;) titik koma di setiap akhir baris program.
©  End. Untuk mengakhiri program.

©Listing Program©


©Output Program©


Membuat Program Sederhana C++ dengan Menu String

©Logika Program©
©  Program ini adalah sebuah program data nilai UTS dan nilai UAS  seorang mahasiswa, langsung tulis saja di programnya.
©  Kalau sudah ditulis semua, silakan compile  program tersebut untuk melihat hasilnya.
©  Cara meng-compile nya adalah klik Run. Cara yang lebih mudah yaitu hanya dengan menekan tombol Ctrl + F9.
Bagaimana, hasilnya sudah kelihatan kan  ??
Nah, sekarang cermati penjelasannya :
©  #include adalah salah satu pengarah praprosesor yang tersedia pada C++. File-file yang berakhiran dengan .h disebut file header, yaitu file-file yang berisi berbagai deklarasi, seperti fungsi, variabel dan sebagainya
©  #include<stdio.h> adalah salah satu file header yang salah satu fungsinya untuk membaca perintah printf dan scanf.
©  #include<conio.h> adalah salah satu file header yang salah satu fungsinya untuk menahan tampilan layar sebelum dilanjutkan (press any key to continue…..), fungsinya tersebut adalah getch(); disimpan di bagian yang sekiranya akan kita tahan tampilannya agar pada saat menjalankan (run) project yang kita buat dapat keluar secara otomatis.
©  #include<iostream.h> merupakan library dari bahasa C++ dengan kegunaan untuk memasukkan fungsi clrscr, getch, dll. Perlu disertakan pada program yang melibatkan obyek cout. Tanpa kehadiran baris tersebut akan terjadi kesalahan sewaktu program dikompilasi.
© main() adalah fungsi yang pertama kali dieksekusikan oleh C++ dan tanda () menyatakan bahwa fungsi main tidak memiliki argument. Jika main tidak digunakan maka program tidak akan jalan.  
©  { Ini merupakan tubuh fungsi main.
©  Char nim[8]; tipe data yang digunakan adalah nim dengan panjang karakter maksimalnya adalah 8
©  Char nama[88]; tipe data yang digunakan adalah nama dengan panjang karakter maksimalnya adalah 100
©  clrscr (); digunakan untuk membersihkan layar pada saat program dijalankan.
©  Cout berfungsi untuk menampilkan suatu karakter ke layar monitor, dengan cara menuliskan “cout” diikuti dengan tanda “<<” dan kemudian kumpulan karakter yang akan ditampilkan, diapit dengan tanda petik ganda (“).
©  cout<<endl; cout merupakan sebuah obyek didalam didalam C++. Obyek ini disediakan oleh C++ untuk mengarahkan data ke standard output (normalnya adalah layar). Tanda “<<” merupakan sebuah operator yang disebut operator penyisipan atau peletakan. Operator ini akan mengarahkan operand (data) yang terletak di sebelah kanannya ke obyek yang terletak di sebelah kiri. Endl akan memindahkan kursor ke baris di bawahnya.
©  cin merupakan sebuah objeck didalam C++ digunakan untuk memasukkan suatu data dapat berupa teks ataupun angka. Untuk menggunakan fungsi cin ini, harus menyertakan file header iostream.h.
©  getch(); digunakan untuk mengeksekusi blok instruksi dan statement yang telah ditetapkan sebelumnya. Biasanya di akhiri dengan tanda }

©Listing Program©


©Output Program 1©


©Output Program 2©

Tidak ada komentar:

Posting Komentar